REVIEW MATERI PENGADERAN MINGGU KEDUA

Review Materi Pengaderan Minggu Kedua 
Tugas Pengaderan Fakultas Arsitektur & Desain
Berliana Nanda Prihapsari;Desain Komunikasi Visual;19052010042;Futurisme

Pengaderan Mahasiswa Baru Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur minggu kedua telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 September 2019. Saya sebagai peserta kaderisasi akan mereview materi dan hal apa saja yang saya dapatkan.

Materi pertama adalah tentang Plagiarisme yang disampaikan oleh Ibu Adibah Dosen Arsitektur. Materi ini penting untuk disampaikan dan dipahami bersama karena akan sangat berdampak bagi kegiatan perkuliahan, khususnya Mahasiswa Arsitektur dan Desain yang sehari-hari berurusan dengan ide dan konsep karya dan Tugas Akhir 

Plagiarisme, secara sederhana dapat diartikan sebagai penjiplakan dan pelanggaran hak cipta. Sesuatu yang telah dipatenkan hak ciptanya tidak bisa dijiplak sembarangan. Namun, ketika suatu hal belum terdaftarkan hak ciptanya, dan ketika dijiplak oleh orang lain, akan sulit untuk membuktikan kepemilikannya, sehingga hak cipta itu teramat penting. 

Urutan Sumber Refrensi terpercaya berdasarkan tingkat plagiarismenya
  1. Jurnal
  2. Prosiding
  3. Buku
  4. Artikel

Ada beberapa jenis plagiarisme yaitu:
  1. Word by Word Plagiarism : Ialah bentuk plagiarisme yang biasanya terjadi di bidang literasi dengan menjiplak kata perkata dari sebuah kalimat atau paragraf tanpa mencantumkan sumber atau refrensi detail dibawahnya. 
  2. Word Switch Plagiarism : Bentuk plagiarisme ini menjiplak dengan merubah susunan kalimat dari refrensi asli tanpa menyantumkan sumber.
  3. Idea Plagiarism: Sesuai namanya,plagiarisme ini menjiplak ide atau konsep.
  4. Self Plagiarism: Plagiarisme ini menjiplak karya sendiri yang telah di sebarkan sebelumnya, tanpa menyantumkan referensi walaupun milik sendiri.
Ada beberapa teknik menghindari Plagiarisme : 
  1. Menulis intisari dari paragraf refrensi dengan kalimat sendiri, atau menyusun ulang dengan mencantumkan sumber .
  2. Teknik sitesi atau teknik menulis sumber. Ada beberapa jenis Sitasi: 
  • MLA
  • APA
  • Chicago
  • Havard
  • Vancover
  • ISO690
Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan Presentasi mengenai Pameran yang dipanitiai oleh Mahasiswa baru angkatan 2019 Fakultas Arsitektur dan Desain bertemakan Surabaya Punya Cerita yang intinya ingin mengangkat kesan tradisional dalam modernisasi kota Surabaya yang ada di kampung-kampung Surabaya. Pameran akan dilaksanakan hari Kamis, 19 September 2019 sehingga presentasi ini perlu dan bertujuan untuk mengevaluasi persiapan dan kesiapan acara ini. 

Kemudian kami berkumpul di lingkungan dekat gazebo DPR untuk game yang berkonsep seperti disalah satu episode Spongebob saat mengadakan pesta. Jadi, peserta diberi kertas gulungan  kecil berisi topik yang harus dibicarakan oleh teman seangkatan, beda jurusan dengan waktu yang disediakan, dan ketika waktunya habis, kita harus bertukar teman dan topik pembicaraan, sehingga kita bisa lebih kenal dan dekat satu sama lain. 
  
Dilanjutkan kegiatan melukis bersama kelompok sesuai aliran. Jadi, kelompok saya melukis tiga sketsa kampung Dinoyo berukuran A4 yang sudah kami persiapkan dengan aliran Futurisme. Kami diberi waktu 50 menit untuk melukis. Yang paling berkesan disini, saya dan teman-teman berusaha keras untuk menata ulang konsep dan bekerja sama secara kooperatif dalam tekanan waktu yang terbatas untuk melatih team work dan kekompakan yang pada akhirnya lukisan kami selesai dikerjakan. 

Yang saya dapat pelajari  yaitu kekompakan, kerjasama tim, menekan ego sendiri demi tujuan bersama, disiplin dan tepat waktu. 






Komentar

Postingan Populer